<>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
<er>

10 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Banyak Jajan dan Tidak Boros

Informatika.web.id - Anak anak pada umumnya memang sangat suka jajan. Apalagi sebagaimana yang kita tahu aneka jajanan yang dijual di pasaran saat ini ada berbagai macam dengan bentuk dan inovasi yang lucu dan unik. Jika Anda sebagai orang tua membiarkan anak sejak dini sering jajan, maka kemungkinan besar anak bisa mengarah ke kebiasaan hedonisme. Oleh sebab itu, orang tua perlu paham cara mendidik anak agar tidak banyak jajan dan tidak boros.

Mendidik anak memang bukanlah suatu perkara yang mudah. Tentu setiap orang tua memiliki permasalahan yang berbeda beda tergantung sifat dari anak tersebut. Namun, membantu anak untuk mengajarkan gaya hidup hemat dan caranya menggunakan uang dengan bijak adalah salah satu cara orang tua untuk membentuk gaya hidup yang baik sejak dini hingga mereka dewasa nanti.

Selain manfaatnya untuk mendidik anak, mengajar anak untuk mnghilangkan kebiasaan jajan juga bermanfaat untuk kesehatannya. Pasalnya banyak jajanan seperti kue, cemilan kemasan, minuman botol dan lain sebagainya tidak sehat untuk dikonsumsi secara terus menerus. Kebanyakan produk jajanan tidak ada kandungan gizi dan mengandung zat zat berbahaya. Apalagi kalau jajanan pinggir jalan tidak bisa dipastikan kebersihannya bukan?

Untuk bisa membimbing anak dengan efektif supaya tidak terlalu suka jajan, bahkan sampai nangis minta jajan, sebagai berikut kita akan cari tahu cara mendidik anak agar tidak banyak jajan dan tidak boros dibawah ini. Yuk simak.

10 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Banyak Jajan dan Tidak Boros


1. Beri Anak Porsi Makan yang Cukup Dari Rumah

Sebagaimana yang kita tahu, secara psikiologis, pada saat lapar manusia akan lebih mudah untuk membelanjakan uang mereka. Oleh sebab itu, wajar saja jika anak yang kekurangan makan dirumah akan cenderung lebih banyak jajan diluar. Untuk itu, orang tua perlu memberi mereka porsi makan yang cukup dirumah. 

Jika anak dalam kondisi perut yang kenyang, terutama pada saat diluar rumah, mereka akan cenderung jajan lebih sedikit atau bahkan tidak jajan. Jika anak susah untuk makan dirumah, cobalah berbagai tips dan cara supaya anak mau makan. Upaya Anda sebagai orang tua pasti tidak sia sia.

2. Biasakan untuk Membawa Bekal ke Sekolah

Apabila anak sudah memasuki masa sekolah, dimana mereka berada di luar rumah dalam jangka waktu yang cukup lama, coba biasakan anak untuk membawa bekal. Dengan membawa bekal ini, kebutuhan anak akan makanan yang bernutrisi bisa terpenuhi dengan baik. Mengapa? karenan makanan dari rumah tentu cenderung lebih sehat daripada beli di luar rumah yang tidak tahu proses pembuatannya bukan?

3. Membuat Makanan Kesukaan Anak

Biasanya anak yang suka jajan di luar rumah disebabkan oleh makanan atau jajanan yang tidak ia sukai dirumah. Nah, orang tua bisa coba untuk membuat atau membeli makanan kesukaan anak untuk disimpan dirumah. Mengapa? Hal ini efektif untuk mencegah anak membeli makanan atau jajanan di luar rumah. Apalagi makanan yang dibuat sendiri tentu lebih bersih dan sehat di konsumsi anak anak.

4. Disiplin Waktu Makan Anak

Berikutnya, yang bisa membantu anak untuk tidak banyak jajan adalah adanya disiplin waktu untuk makan. Ya, selain memenuhi porsi makan yang cukup saat anak dirumah, mereka juga harus makan dengan rutin. Jika anak disiplin mengenai waktu makan, ini akan membentuk anak memiliki pola makan yang teratur dan anak kemungkinan tidak akan makan di luar jam makannya.

5. Memberi Uang Saku yang Tidak Terlalu Banyak

Cara lain lagi yang ampuh untuk mengatasi anak yang suka jajan adalah memberikan uang sangu yang cukup dan tidak berlebihan. Memberikan uang saku yang cukup banyak akan membiasakan anak untuk berbelanja dalam jumlah besar, dampaknya ketika anak diberikan sangu yang lebih kecil, anak akan protes bahkan merengek. Oleh sebab itu, membiasakan anak untuk memiliki uang secukupnya lebih memiliki dampak yang baik.

6. Merencanakan Pengeluaran

Orang tua bisa membantu anak untuk memikirkan apa yang perlu dia beli dengan uang jajan yang dia miliki. Misalnya saat disekolah, apa saja yang bisa dia beli dengan uang jajan itu, coba tanyakan dengan detail termasuk berapa harga makanan tersebut. Tanyakan juga alasannya mengapa dia ingin membeli makanan tersebut. Bantu anak untuk mengatur uang nya dan memilih jajanan yang paling baik sesuai dengan uang yang dia miliki.

7. Menyisikan Uang Jajan


Selain memberi anak uang saku yang tidak terlalu banyak, orang tua juga bisa mengajari anak untuk menyisikan uang jajannya. Beri tahu anak, bahwa dia bisa menyisikan uang jajannya setiap hari untuk dikumpulkan ketika ada barang yang ingin dia beli sendiri. Nah, setiap anak berhasil menyisakan uangnya, berikan dia penghargaan berupa pujian, pelukan atau ciuman. Dengan demikian anak akan merasa dihargai dan senang.

8. Mengajarkan Anak untuk Menabung

Nah, masih berkaitan dengan menyisikan uang jajan, orang tua bisa mengajari anak bagaimana caranya untuk menyimpan uang untuk menabung. Berikan pengertian tentang manfaatnya menabung yang dia bisa dapatkan nanti. Dan berikan contoh atau teladan dalam hal ini. Misalnya ketika dia mendapat uang dari keluarga atau saudara, dia bisa simpan uangnya di tabungan untuk bisa dia gunakan nanti jika ada hal yang ingin dia lakukan atau beli dengan uang itu.

9. Selalu Beri Alasan yang Masuk Akal

Beberapa orang tua langsung menolak permintaan anak tanpa memberikan alasan kepadanya. Meskipun sederhana tapi akan membuat anak tidak memahami maksud Anda sebagai orang tua. Mungkin anak sampai merengek meminta sesuatu barang yang tidak dalam kondisi ekonomi yang memungkinkan, jelaskan alasan tersebut kepada anak. Dan berikan solusinya, seperti kita perlu menabung dulu untuk bisa mendapatkannya.

10. Memberikan Hadiah Sesekali


Jika anak merasa di apresiasi dan dihargai ketika dia melakukan sesuatu yang baik, dampaknya dia akan merasa senang dan tidak ragu untuk melakukannya lagi. Oleh sebab itu cobalah untuk memberikan anak hadiah sesekali seperti membeli makanan kesukaannya, barang yang sedang dia butuhkan atau dia inginkan. Tunjukkan kalau orang tua merasa bangga atas perilaku nya yang baik dan taat terhadap orang tua. Terima kasih sudah berkunjung ke Informatika

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara mendidik anak agar tidak banyak jajan dan tidak boros. Memang pada awalnya mungkin terasa sangat sulit untuk mendidik anak, tapi Anda bisa yakin bahwa Anda tetap perlu melakukannya selain untuk kesehatan anak itu sendiri, juga untuk menghindari perilaku hedonisme.

Menyenangkan anak dengan membelanjakan mereka makanan, mainan atau apapun yang mereka butuhkan adalah suatu hal yang wajar dan memang harus dilakukan demi kebahagiaan anak. Namun, hal hal tersebut perlu dikendalikan sejak mereka dini. Bantulah anak untuk senantiasa bersyukur dengan apa yang mereka miliki dan tidak menuntut jika tidak sesuai dengan keadaan. Hasilnya anak anak bisa lebih bahagia. Semoga bermanfaat.