XML

XML

XML kependekan dari eXtensible Markup Language, dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari  1998.  Teknologi yang  digunakan pada XML sebenarnya bukan  teknologi baru,  tapi merupakan turunan dari SGML yang  telah dikembangkan pada awal 80 an dan  telah banyak  digunakan pada dokumentasi teknis  proyek-proyek berskala  besar.  Ketika HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting pada SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan markup language yang  tidak kalah hebatnya dengan SGML.

Elemen XML

Seperti halnya HTML, XML juga menggunakan  elemen yang  ditandai dengan tag  pembuka (diawali dengan ‘<’ dan  diakhiri dengan ‘>’),   tag  penutup(diawali  dengan ‘</ ‘diakhiri ‘>’)  dan  atribut elemen(parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>).  Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML kita bisa menggunakan tag dan atribut sesuai kehendak kita.

Contoh :

<pesan>

<dari>MIS Manager</dari>

<buat>HRD Manager</buat>

<buat>Bagian rekrut</buat>

<buat>Computer Suport team</buat>

<subyek>Permohonan Tenaga kerja baru</subyek>

<isi>Mohon diberikan tenaga kerja baru untuk mengisi lowongan di

Departemen MIS</isi>

</pesan>

Pada contoh diatas <pesan>, <dari> <buat>,dan <isi> bukanlah tag standard  yang  telah di tetapkan  dalam XML. Tag-tag itu  kita buat sendiri sesuai  keinginan kita. Sampai di sini XML tidak melakukan apapun. Yang  ada hanyalah informasi yang  di kemas dengan tag-tag XML.

XML untuk saat ini  bukan merupakan  pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang  berbeda. Kalau HTML digunakan  untuk menampilkan informasi  dan berfokus  pada  bagaimana informasi terlihat, XML mendeskripsikan susunan  informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama dibutuhkan untuk menyusun  dan  menyajikan  informasi dengan format yang tidak mengandung  format standard layaknya heading, paragraph, table dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>