Warna – Unsur Video

Kelompok Warna

Warna merupakan unsur desain yang terbuat dari pigmen. Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kelompok primer, kelompok sekunder dan kelompok tersier (Sanyoto, 2009 : 24).

  1. Warna primer atau warna pokok terdiri atas tiga warna, yaitu warna merah, kuning, dan biru.
  2. Warna sekunder atau kedua adalah warna-warna yang dihasikan dari gabungan warna-warna primer.
  3. Warna tersier atau warna ketiga, yaitu warna yang terjadi akibat pencampuran warna primer dengan warna sekunder atau warna sekunder dengan warna sekunder

Hal Penting dalam Warna

Tiga hal penting yang perlu dipahami dalam mempelajari warna      adalah (Sanyoto, 2009 : 73)

  1. Hue adalah realita warna, rona warna, atau corak warna, yang merupakan sebutan terhadap warna berbagai nama-namanya yang memiliki skala berupa lingkaran warna. Lingkaran warna ini pada umumnya terdiri dari enam warna pelangi dan enam warna intermediate. Perlu dicatat bahwa banyak teori dari para ahli yang membuat lingkaran warna tidak selalu berpedoman pada enam warna pelangi.
  2. Value adalah tonalitas warna, terang-gelap warna, atau derejat ke-terang-an warna, yang memiliki skala value berupa Sembilan tingkatan keabu-abuan. Tingkatan ini dimulai dari hitam, lalu abu-abu tua yang berangsur-angsur menuju abu-abu muda sampai putih. Skala value ini untuk mengukur ke-terang-an warna-warna atau sering disebut light-ness.
  3. Chroma adalah intesitas warna, kekuatan warna, atau murni kotornya warna, yang disebut dengan istilah kecerlangan (brightness) warna dan kesuraman warna karena adanya penyerapan atau peredaman (saturation) warna. Chroma memiliki skala berupa jari-jari dari lingkaran warna menuju ke titik pusat, yang terdiri dari hue murni atau cemerlang berangsur-angsur semakin suram atau kotor karena tercampur oleh hue komplemennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>