Unsur-unsur Video

Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, gambar, audio, animasi, dan video (Aqsho,2010:6). Multimedia terbagi dalam beberapa elemen antara lain :

Teks

Teks terdiri dari unit-unit bahasa dalam penggunaannya. Unit-unit bahasa tersebut adalah merupakan unit gramatikal seperti klausa atau kalimat namun tidak pula didefenisikan berdasarkan ukuran panjang kalimatnya. Teks terkadang pula digambarkan sebagai sejenis kalimat yang super yaitu sebuah unit gramatikal yang lebih panjang dari pada sebuah kalimat yang saling berhubungan satu sama lain. Jadi sebuah teks terdiri dari beberapa kalimat sehingga hal itulah yang membedakannya dengan pengertian kalimat tunggal. Selain itu sebuah teks dianggap sebagai unit semantik yaitu unit bahasa yang berhubungan dengan bentuk maknanya. Dengan demikian teks itu dalam realisasinya berhubungan dengan klausa yaitu satuan bahasa yang terdiri atas subjek dan predikat dan apabila diberi intonasi final akan menjadi sebuah kalimat. (Hassan, 1976:1)

Dalam penjelmaan dan penurunannya, secara garis besar dapat disebutkan adanya tiga macam teks, yaitu:

  1. Teks lisan (tidak tertulis).
  2. Teks naskah tulisan tangan.
  3. Teks cetakan.

Jika  dilihat berdasarkan masa perkembangannya, teks yang pertama adalah teks lisan, teks lisan lahir dari cerita-cerita rakyat yang diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi melalui tradisi mendongeng. Teks lisan berkembang menjadi teks naskah tulisan tangan yang merupakan kelanjutan dari tradisi mendongeng, cerita-cerita rakyat yang pernah diturunkan disalin ke dalam sebuah tulisan dengan menggunakan alat dan bahan yang sangat sederhana dan serta menggunakan aksara dan bahasa daerahnya masing-masing. Teks naskah tulisan tangan ini masih tradisional, setelah ditemukannya mesin cetak dan kertas oleh bangsa Cina maka perkembangan teks pun menjadi lebih maju, pada masa ini orang tidak harus susah-susah menyalin sebuah teks, tetapi teks-teks sangat mudah diperbanyak dengan waktu yang tidak lama, maka lahirlah teks-teks cetakan.   (Baried, 1985:2).

Gambar (Image)

Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Sering dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyampaikan seribu kata tapi, itu hanya berlaku ketika kita bisa menampilkan gambar yang diinginkan saat kita memerlukannya. Gambar juga bisa berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadu dengan teks, menunjukkan berbagai opsi yang bisa dipilih (select) atau gambar bisa muncul full-screen menggantikan teks, tapi tetap memiliki bagian-bagian tertentu yang berfungsi sebagai pemicu yang bila diklik akan menampilkan objek atau event multimedia lain (Suyanto,2003:261). Pada umumnya sebuah format gambar dapat dipresentasikan ke dalam dua tipe yaitu gambar vektor dan bitmap. Yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Gambar vector tidak disimpan dalam sebuah gambar, tetapi tersimpan dalam serangkaian intruksi yang digunakan untuk membuat suatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kurva, garis, dan berbagai bangun dengan gambar.
  2. Gambar bitmap merupakan rekonstuksi dari gambar asli. Gambar bitmap adalah gambar yang tersimpan sebagai rangkaian pixel (titik-titik) yang memenuhi bidang titik-titik di layar komputer. Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel.

Suara (Audio)

Pengertian suara (audio) menurut Suyanto, 2003:273 adalah sesuatu yang disebabkan perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia. Audio terdiri dari beberapa jenis :

  1. Waveform Audio
    Waveform audio merupakan format file audio yang berbentuk digital, dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak PC multimedia. Kualitas produksi waveform audio bergantung pada sampling rate (banyaknya sampel per detik). Waveform audio disebut juga pulse code modulator (pcm) audio. Waveform merupakan standar untuk Windows PC, meskipun demikian file waveform dapat digunakan di mac.
  2. Format DAT
    DAT merupakan singkatan dari Digital Audio Tape. DAT awalnya adalah Rotary Digital Audio Tape (R-DAT), karena sistem ini menggunakan head yang berputar serupa dengan video tape recorder (VTR). Kebanyakan studio musik melakukan perekaman menggunakan file dengan ekstensi .DAT, sehingga pertukaran audio antar studio juga menggunakan DAT. Potongan gambarnya ditampilkan pada gambar berikut.
  3. Format MIDI
    MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. MIDI adalah cara paling efisien untuk merekam musik. MIDI merekam performance information yang diperlukan chip suara pada computer agar musik bisa dimainkan. Misalnya, ada kode-kode MIDI untuk memutar note menjadi on atau off, mengatur volume keras atau lembut, mengubah timbre atau kualitas suara, dan menyatukannya atau menambahkan efek khusus lainnya. File MIDI memiliki ekstensi .mid. File-file MIDI ini bisa diakses secara acak hingga akurasi mencapai 1/128 detik.
  4. Audio CD
    Pustaka musik dan efek-efek suara biasanya tersimpan dalam audio CD, mempunyai format yang sama dengan yang di mainkan pada CD player dirumah. Biasanya mempunyai format dengan ekstensi .WAV. Audio CD biasa menyimpan bunyi rekaman high-fidelity hingga sapanjang 75 menit. Sampling rate-nya adalah 44.100 sample per detik, yang berarti cukup cepat untuk merekam bunyi yang bisa didengar manusia. Samplenya 16 bit, yang menghasilkan dynamic range 98dB, cukup untuk merekam secara persis bisikan lembut maupun triakan nyaring. Addressing yang digunakan dalam CD-ROM drive memungkinkan computer multimedia mengakses secara acak sebuah lagu di CD dengan akurasi split-second hingga 1/75 detik.
  5. MP3
    MP3 kependekan dari MPEG Audio Layer 3. MP3 merupakan format file audio yang menggunakan suatu codec untuk melakukan encoding dan decoding suatu rekaman musik. MP3 dengan bandwidth lebih sedikit dan dapat ditransfer melalui internet tanpa mengurangi kualitas suara haslinya.

Animasi

Pemakaian animasi dalam komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan seperti melakukan ilustrasi di komputer, serta membuat perubahan antara gaambar satu ke gambar berikutnya sehingga dapat terbentuk satu gabungan yang utuh. (Satigi, 2011 : 7).

Video

Video menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Format file dalam  video merupakan  hal yang penting. Format file secara umum antara lain :

  1. Quik Time (MOV)
    Quik time merupakan sebuah sistem multimedia tambahan pada komputer Macintosh dan Windows, yang menyediakan lintasan platform, sinkronisasi waktu video digital, audio digital, dan lingkungan 3D virtual reality, dikembangkan oleh Apple Csomputer. Quick time menggunakan ekstensi .mov dan digunakan dalam berbagai aplikasi multimedia, misalnya CD-ROM dan produksi video broadcast.
  2. Motion Picture Experts Group (MPEG)
    Adalah skema kompresi dan spesifikasi format file video digital yang dikembangkan oleh grup ini. MPEG merupakan salah satu dari rich media yang mendukung web dan banyak situs web mempunyai video dan animasi MPEG. MPEG ditandai dengan ekstensi .mpg atau .mpeg.
  3. Audio Video interleave (AVI)
    Merupakan format video dan animasi yang digunakan video untuk Windows dan berektensi .avi. Sebagian besar authoring pada Windows mendukung format avi. Kekurangan penggunaan file avi pada play-back adalah pemakai Macintosh, harus mengubah file ke format lain untuk playback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>