Tugas Data Mining

Tugas data mining secara garis besar dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu (Tan dkk, 2006) :

Tugas Prediktif

Tujuan utama dari tugas ini adalah untuk memprediksikan nilai dari atribut tertentu berdasarkan nilai dari atribut lainnya. Atribut yang diprediksi dikenal sebagai target atau dependent variable, sedangkan atribut yang digunakan untuk membuat prediksi disebut penjelas atau independent variable.

Tugas Deskriptif

Tujuan utama dari tugas ini adalah untuk memperoleh pola (correlation, trend, cluster, trajectory, anomaly) untuk menyimpulkan hubungan di dalam data. Tugas deskriptif merupakan tugas data mining yang sering dibutuhkan pada teknik postprocessing untuk melakukan validasi dan menjelaskan hasil proses data mining.

Inti dari tugas data mining adalah pemodelan prediktif, analisa asosiasi,  analisa cluster, dan deteksi terhadap anomali (Lihat gambar di bawah ini)

Pemodelan prediktif mengacu pada proses membangun model untuk variabel target sebagai fungsi dari variabel penjelas. Ada dua tipe dari pemodelan prediktif, yaitu klasifikasi (classification) yang digunakan untuk variabel target yang diskret, dan regresi (regression) yang digunakan untuk variable target yang kontinyu. Analisa asosiasi digunakan untuk menemukan pola yang mendeskripsikan fitur-fitur data yang saling berhubungan. Pola-pola ini biasanya digambarkan dalam bentuk aturan implikasi. Analisa cluster merupakan proses untuk mencari kelompok-kelompok data, sedemikian sehingga data yang berada dalam satu kelompok memiliki kemiripan dibandingkan data yang terletak pada kelompok lain. Deteksi anomaly merupakan proses identifikasi data yang memiliki perbedaan karakteristik yang signifikan dengan data yang lain atau yang dikenal dengan istilah outlier (Tan dkk, 2006).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>