Tahap Pra Produksi

Tahap praproduksi adalah tahap semua pekerjaan dan aktivitas yang terjadi sebelum multimedia komersial diproduksi secara nyataā€¯ (Suyanto, 2004 : 200).

Pra produksi adalah salah satu tahap dimana dilakukan sejumlah persiapan pembuatan video, diantaranya meliputi penulisan naskah skenario, menentukan jadwal pengambilan gambar, mencari lokasi, menyusun anggaran biaya, mencari atau mengaudisi calon pemeran, mengurus perizinan, menentukan staf dan kru produksi, mengurus penyewaan peralatan produksi video, dan juga persiapan produksi, pasca-produksi serta persiapan – persiapan lainnya.

Penjadwalan

Penjadwalan memegang peranan penting dalam pencapaian kegiatan produksi, sehingga semua pihak dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjalankan tugasnya masing-masing.

Penyusunan Crew

Dalam penyusunan crew film, yang harus dikedepankan adalah rasa kebersamaan ingin menghasilkan sebuah film.

Pembuatan Skenario

Penulisan skenario dilakukan jika cerita sudah jadi dan fix. Penulisan skenario dilakukan script writer dimana dicantumkan scene-scene dan dialog serta audio yang akan digunakan.

Membuat Storyboard

Storyboard adalah rangkaian gambar ilustrasi yang berusaha menjelaskan bahasa tulisan skenario kedalam bahasa visual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>