Sistem Ruang Warna RGB (NTSC)

NTSC

NTSC (National Television System Committee) adalah komite nasional yang menciptakan standar warna (RN, GN, BN) untuk pesawat penerima televisi. Komite ini menentukan tiga buah phosphor utama dari spektrum sinar yang ada yaitu merah, hijau dan biru. Untuk warna referensi adalah warna putih di mana merupakan gabungan (tristimulus) dari tiga buah warna utama dengan RN = GN = BN = 1. Tabel berikut menunjukkan nilai gabungan dari ketiga warna tersebut untuk beberapa warna-warna utama dari koordinat warna NTSC sedangkan rN, gN, bN  adalah nilai-nilai krominannya.

Merah Kuning Hijau Cyan Biru Magenta Putih Hitam
RN 1.0 1.0 0.0 0.0 0.0 1.0 1.0 0.0
GN 0.0 1.0 1.0 1.0 0.0 0.0 1.0 0.0
BN 0.0 0.0 0.0 1.0 1.0 1.0 1.0 0.0
rN 1.0 0.5 0.0 0.0 0.0 0.5 0.333 0.333
gN 0.0 0.5 1.0 0.5 0.0 0.0 0.333 0.333
bN 0.0 0.0 0.0 0.5 1.0 0.5 0.333 0.333

Tristimulus warna dan diagram krominan untuk sistem penerima utama NTSC

Koordinat Ruang Warna NTSC

Koordinat ruang warna untuk sistem transmisi NTSC (Y, I, Q) dibangun untuk fasilitas transmisi gambar berwarna yang menggunakan jalur televisi monochrome yang telah ada tanpa menambah lebar pita yang diperlukan. Koordinat Y adalah melambangkan luminance sedangkan I dan Q melambangkan hue dan saturation dari sebuah warna yang memiliki lebar pita jauh lebih kecil dibandingkan sinyal luminance. Komponen I, Q ditransmisikan pada sebuah jalur sub-pembawa menggunakan modulasi quadrature, sehingga spektrum dari I, Q tidak saling tumpang tindih dengan spektrum Y dan lebar pita yang diperlukan untuk transmisi tidak berubah. Hubungan sistem Y, I, Q dengan sistem RN, GN, BN merupakan transformasi linear seperti berikut:

Untuk menentukan sistem kebalikannya adalah dengan mentransformasinya terhadap matrik inversnya.

Transformasi Sistem Warna NTSC

Sistem warna NTSC RGB berbeda dengan sistem warna CIE RGB. Transformasi dari sistem warna NTSC RGB ke sistem warna CIE RGB dan XYZ dapat dilakukan dengan transformasi linear berikut:

Sistem ruang warna NTSC RGB

Gambar di atas memperlihatkan sistem koordinat 3 dimensi NTSC RGB. Dalam gambar ini terlihat bahwa warna cyan, magenta dan yellow merupakan komplemen warna red, green dan blue sehingga warna cyan, magenta dan yellow sering disebut sebagai substractive primaries sedangkan warna red, green dan blue sering disebut dengan additive primaries.

Koordinat CMY dengan mudah dapat diperoleh dari koordinat RGB melalui persamaan berikut:

Dalam mencetak citra berwarna, sistem CMY ini tidak dapat menghasilkan warna hitam dengan baik sehingga sistem ini diganti dengan sistem CMYK melalui persamaan berikut:

dengan K merupakan komponen warna keempat yang merepresentasikan warna hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>