Sistem Informasi

Sistem Informasi

Informasi adalah merupakan data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil suatu keputusan. informasi dapat diperoleh dari sistem informasi atau disebuat juga dengan processing system atau information processing system atau informatioan generating system. Menurut Leitch dan Davis (1983:6) sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Sistem informasi yang dimaksud disini adalah sistem informasi berbasis computer yaitu sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu (integrated) dan saling menyediakan informasi, guna menunjang operasi-operasi manajemen, analisis dan fungsi-fungsi pengambilan keputusan didalam sebuah organisasi.

Didalam melakukan perancangan sistem informasi diperlukan analisis-analisis permasalahan yang matang sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Konsep Dasar Analisis Sistem

Menurut Wahyono  (2004:58) Analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian subsistem dengan maksud untuk mengindetifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, dan hambatan yang terjadi serta kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya. Adapun langkah-langkah untuk menganalisis sebuah sistem   adalah :

  1. mengidentifikasi masalah
  2. memahami kerja sistem yang ada
  3. menganalisis sistem
  4. membuat laporan hasil analisis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>