Pernyataan While Pada C++

Pernyataan while dipakai untuk mengulang eksekusi dari suatu blok penyataan yang jumlah ulangannya tergantung dari kondisi yang diberikan, sejauh kondisiya true maka ulangan eksekusi dari blok tersebut terus dilakukan. Format dari pernyataan while adalah :

while (kondisi)

{

pernyataan;

.

.

.

}

Kondisi adalah syarat yang dipakai untuk mengakhiri ulangan eksekusi dari blok dalam pernyataan while tersebut. Kondisi ini umumnya menggunakan operator-operator relasional, bila kondtsf-nya lebih dari satu maka antara koridisi yang satu dan lainnya dihubungkan dengan operator-operator logic. Kedua program di bawah ini mencetak nilai dari bilangan bulat i bila kondisi  i < 9 adalah true. Perhatikan effek pemakaian prefix dan posfix operator pada variabel i.

//C1_3.CPP

/* Prefix increment while-loop

Output : 12345678       */

 

#include <iostream.h>

 

main()

{

int i = 0;

while (++i < 9)

cout << i;

return 0;

}

 

 

//C2_3.CPP

/* Postfix increment while-loop

Output : 123456789      */

 

#include <iostream.h>

 

main()

{

int i = 0;

while (i++ < 9)

cout << i;

return 0;

}

Perhatikan bahwa kondisi di dalam pernyataan while dianggap true bila hasil evaluasinya tidak sama dengan nol seperti ditunjukkan oleh program di bawah ini.

//C3_3.CPP

/* Finite while-loop

Output: 876543210      */

 

#include <iostream.h>

 

main()

{

int i = 9;

 

while (i–)

cout << i;

return 0;

}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>