Pemrograman Visual Basic

Visual Basic

BASIC (Beginners All Purpose Syimbolic Instruction Code), yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programer untuk menyusun suatu aplikasi.

Visual BASIC adalah salah satu program untuk  membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, visual basic menggunakan pendekatan visual untuk  merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual BASIC telah menjadi program yang terkenal bagi para pemula maupun para developer (profesional).

Dalam lingkungan Windows pemakai (user-interface) sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan user-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.

  1. Edisi Learning
    Di dalam edisi ini para programmer diberi kesempatan untuk membuat sebuah aplikasi sederhana Microsoft Windows dan Windows NT secara mudah. Di dalamnya disertakan beberapa kontrol sederhana, ditambah grid, tab, dan kontrol data-bound.
  2. Edisi Profesional
    Di dalam edisi ini disertakan tool-tool yang lengkap. Di samping berisi semua fasilitas yang ada dalam edisi learning, juga ditambah kontrol ActiveX, desainer aplikasi informasi internet, integrated data tools dan data environment, active data objects, serta dynamic Hyper Text Mark-up Language page desainer.
  3. Edisi  enterprise
    Edisi ini memberikan ijin kepada para profesional untuk membuat aplikasi dalam sebuah tim. Di dalamnya dimasukkan semua fasilitas yang ada pada edisi profesional.

Kelebihan Visual Basic

Kelebihan visual basic dibandingkan dengan pemrograman lain seperti delphi dan prolog adalah pada kemampuannya untuk mengkompilasi program dalam bentuk native code, yaitu optimisasi pada saat prosesor mengkompilasi dan menjalankan program tersebut. Selain itu visual basic juga menyediakan fasilitas antarmuka penulisan code program yang lebih mudah di mengerti dan dipakai sehingga berbagai tipe program dapat dikembangkan di dalamnya, misalnya EXE, DLL dan OCX, bahkan program-program yang berbasis internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>