Pemrograman Berorientasi Objek

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programming). Elemen-elemen dari pemrograman objek ini diantaranya adalah encapsulation, polymorphism dan inherit.

Encapsulation merupakan mekanisme pemrograman yang mengikat data dan program bersama-sama dan mengamankannya dari penyalahgunaan dan interferensi dari luar. Melalui objek, data dan kode dapat menjadi private, protected atau public bagi objek tersebut. Seperti yang diketahui kode dan data private hanya dapat diakses oleh bagian dalam dari objek tersebut sedangkan kode dan data protected aksesnya selain dari dalam objek sendiri, dapat diakses oleh objek keturunannya. Kode dan data public dapat diakses oleh objek luar.

Unit dasar dari encapsulation ini adalah class. Class mendefinisikan format dari objek yang akan dibangun sehingga objek merupakan instansi (instance) dari class. Kode dan data merupakan anggota (member) dari class, dimana data disebut members variables atau instance variables sedangkan kode yang mengoperasikan data disebut member methods atau methods. Method dalam java merupakab subrutin atau function.

Polymorphism membolehkan satu interface mengakses general class dalam aksinya. Lebih tepatnya lagi polymorphism merupakan satu interface banyak method. Misalnya suatu method dengan nama yang sama namun memiliki pengoperasian tipe data yang berbeda.

Inheritance adalah proses dimana suatu objek mendapatkan properti dari objek lain. Konsep ini merupakan hierarchical classification yang diperlukan dalam penurunan sifat suatu objek terhadap objek lain yang menjadi orang tuanya (parent).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>