Notasi Diagram ER dan Kardinalitas Relasi

Notasi Simbolik dalam Diagram ER

  • Persegi panjang : himpunan entitas
  • Elips : atribut (atribut yang sebagai kunci digarisbawahi)
  • Belah ketupat : himpunan relasi
  • Garis : penghubung antara himpunan relasi dengan himpunan entitas dan himpunan entitas dengan atributnya
  • Kardinalitas relasi dinyatakan dengan banyaknya garis cabang atau dengan pemakaian angka (1 dan 1 untuk relasi satu-ke-satu, 1 dan M untuk relasi satu-ke-banyak, M dan M untuk relasi banyak-ke-banyak)

Jenis-jenis Hubungan/Derajat Relasi/Kardinalitas Relasi

Kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berrelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain. Contoh : entitas-entitas pada himpunan entitas Mahasiswa dapat berelasi dengan satu entitas, banyak entitas, atau bahkan tidak satupun entitas dari himpunan entitas Kuliah

Jenis-jenis Hubungan

  1. Satu ke Satu (One to One)
    Setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B, dan begitu sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas A. Contoh:

  2. Satu ke Banyak (One to Many)
    Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, dan tidak sebaliknya dimana setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas A. Contoh:
  3. Banyak ke Satu (Many to One)
    Setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B, dan tidak sebaliknya dimana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A. Contoh:
  4. Banyak ke Banyak (Many to Many)
    Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, dan sebaliknya dimana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A. Contoh:

Comments are closed.