Mengolah Data Spasial Dengan MapInfo Professional

Map Info Professional

MapInfo Professional merupakan perangkat lunak aplikasi untuk keperluan sistem informasi geografis yang dikembangkan oleh MapInfo Coorporation. MapInfo Professional mempunyai karakteristik yang menarik, mudah digunakan, user friendly dan memiliki tampilan yang interaktif.

Struktur Data Mapinfo Professional

Data MI Pro dikelola dan disimpan dalam bentuk tabel. Setiap tabel menggambarkan satu jenis data, misalnya data kepadatan penduduk, distribusi customer, kemiringan lereng, penggunaan lahan, dan lain-lain. Secara logika, data MI Pro lerdiri dan 2 bagian, yaitu data grafis yang menyimpan objek gambar (area, garis, titik, label, dan lain-lain) dan data tabular atau atribut (database) yang menyimpan nilai dari data grafis tersebut). Namun secara fisik, setiap label Mi Pro biasanya terdiri dari 4 atau 5 file. Misalnya, kila membuat tabel dengan nama Customer, maka MI Pro akan membuat file sebagai berikut.

Nama File

Penjelasan

Customer.dat

File teks yang menyimpan struktur tabel dan format data yang tersimpan.

Customer.tab

Menyimpan data tabular. Bila tabel tersebut berasal dari program lain, seperti dBase, Excel, Access, dan lain-lain, maka ekstensinya tidak lagi .dat melainkan sesuai dengan asal dan data lersebut (misalnya: dbf, xts, mdb masing-masing untuk dBase, Excel dan Access).

Customer.map

File data grafis menyimpan objek gambar.

Customer. id

Cross reterence penghubung antara data grafis dengan data tabular.

Customer.mnd

File mi tidak selalu ada. File ini ada bila tabel yang dibuat diindeks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>