Mengenal Komponen Visual Basic

Lingkungan Kerja Visual Basic

Lingkungan kerja dari Visual basic 6.0 pada umumnya bekerja pada lima buah window yang dirancang sebagai sebuah aplikasi multi window. Interface Development Environment (IDE) adalah tampilan antar muka program dengan pengguna yang sudah bersifat Graphical User Interface (GUI) . Satu window utama dalam Visual Basic 6.0 mengatur beberapa window yang saling berhubungan, yaitu window form, window project, window property dan code editor. Form layout bila windows akan ditutup atau diminimize, maka seluruh window yang berhubungan akan dilakukan perintah yang sama

Window Visual Basic

Pada waktu kita mambuka Visual Basic maka akan muncul beberapa window yang disediakan oleh program ini agar user (pembuat aplikasi) dapat merancang suatu program aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh user. Adapun window-window tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Window Form
    Window ini merupakan sebuah media untuk kita membuat aplikasi atau antar muka yang bersifat Graphical User Interface (GUI). Kita dapat menggabungkan berbagi macam obyek atau kontrol diatas form ini. Biasanya pada form ini diberi nama Form1 yang merupakan bawaan dari Visual Basic itu sendiri.
  2. Project Window
    Project window merupakan suatu window dalam Visual Basic 6.0  yang digunakan untuk melihat form atau object apa saja dalam suatu project. Selain itu kita dapat menghapusnya dari project window tersebut.
  3. Toolbox
    Toolbox
    merupakan suatu window dalam Visual Basic 6.0 yang berisi komponen-komponen standard yang diperlukan dalam membuat aplikasi seperti label, textbox, combo box dan lain-lain.
  4. Properties Window
    Merupakan jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada visual basic 6.0 yang digunakan untuk menentukan seting suatu objek. Seting property akan menentukan cara kerja dari objek yang besangkutan saat program aplikasi dijalankan, misalnya menentukan warna, nama, posisi, dan sebagainya.
  5. Code Editor
    Merupakan salah satu jendela yang penting didalam visual basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan intruksi yang akan dilaksanakan oleh visual basic. Misalnya untuk menutup aplikasi, membatalkan perintah, menyimpan data, dan lain-lainnya. Jendela Code terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu:

    • Nama objek atau kontrol
    • Nama Event
    • Tempat menulis kode program
  6. Standar Toolbar
    Menyediakan fasilitas yang umum digunakan oleh para programmer ketika sedang mendesain sebuah aplikasi seperti membuat atau menyimpan file, menjalankan program lain-lain.
  7. Form Layout Window
    Form Layout window pada Visual Basic 6.0 digunakan untuk menetapkan tampilan ketika program dijalankan. Penggunaannya cukup mudah yaitu kita klik form layout tersebut, kemudian kita gerakkan ke posisi yang ingin kita tampilkan.

File-File Yang Membangun Project Pada Visual Basic 6.0

Sebuah project Visual Basic 6.0 terdiri dari project, form, class, resource dan lain-lain. Beberapa file yang dibuat oleh Visual Basic 6.0 pada saat kita membangun sebuah aplikasi resource seperti icon dan yang lainnya adalah file file yang diambil dari sumber lain. File-file yang membangun project dalam Visual Basic 6.0 adalah sebagi berikut:

  1. File Project (.VBP)
    File yang dipakai untuk menyimpan informasi mengenai project yang kita buat atau mengenai aplikasi yang kita buat. Dalam file ini bisa juga terdiri dari beberapa file lainnya.
  2. File Form atau Interface (. FRM)
    File ini untuk menyimpan informasi tentang bentuk form pada sebuah aplikasi.
  3. File Kode Editor
    File ini untuk menyimpan perintah-perintah yang membuat sebuah aplikasi berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>