Menambah dan Memodifikasi Data

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menambah dan memodifikasi data dalam tabel, dalam hal ini data tabular. Pertama, bila kita berada pada Window Browser, penambahan satu record data dapat dilakukan melalui menu Edit ► New Row. Cara yang lain adalah sebagai berikut:

  • Menambah record dari tabel lain
  • Menambah kolom temporary (sementara) atau update kolom dengan data yang bersumber dari tabel lain.
  • Update sebagian data dalam tabel.
  • Menampilkan informasi data grafis pada kolom.

Menambah Record dan Tabel Lain

Bila kita mempunyai suatu tabel dan ingin menambah record yang bersumber dari tabel lain kita dapat menggunakan fasilitas Append Row to Table dari menu Table seperti pada gambar di bawah ini.

Append Table artinya tabel yang akan digabungkan dan to Table adalah tabel yang akan ditambah. Data pada Tabel to Table akan bertambah sebanyak jumlah record pada tabel Append Table. Fasilitas Append Rows to Table baik digunakan untuk menggabungkan beberapa tabel menjadi satu tabel.

Perlu dicatat bahwa tabel pada Append Table harus mempunyai urutan kolom dan struktur data yang sama dengan tabel pada to Table. Bila struktur tabel berbeda, MI Pro akan mengadakan konversi data agar data yang ada pada tabel Append Table dapat ditambahkan pada Table to Table. Append Table bukan saja berasal dan satu tabel utuh, namun dapat juga bersumber dan sebagian data yang terpilih (Selection/Query).

Menambah Kolom dan Tabel Lain

Menambah kolom dan tabel lain berarti kita menambah satu informasi (field) dan tabel lain. Di bawah mi kita akan menggunakan contoh dua tabel, yaitu “Bali” dan “Objek_Wisata” Di sini kita akan menambah satu kolom pada tabel Bali untuk menyimpan jumlah objek wisata untuk setiap kabupaten. Bentuk tampilan peta tersebut adalah sebagai benikut:

Kolom yang ditambahkan dapat bersifat temporary (sementara) atau perrmanen. Bila kita ingin menambah kolom permanen pada tabel Bali, maka kita harus memodifikasi struktur tabel tersebut dengan menggunakan menu Table ► Maintenance ► Table Structure, kemudian tambahkan satu field misalnya namanya jumlah_objek. Tetapi bila hasilnya hanya ingin dilihat di layar saja, tidak perlu dilakukan modifikasi struktur tabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>