Layer Kosmetik

Layer Kosmetik

Layer kosmetik selalu ada pada setiap peta dan ditempatkan di urutan paling atas pada kotak dialog layer control. Kita dapat melakukan editing atau selecting pada layer kosmetik. Namun kita tidak dapat memindahkan susunan, menghapus dari daftar dan menonaktifkan layer kosmetik (selalu visible). Ketika layer kosmetik dipilih, beberapa pilihan menu pada layer kontrol tidak aktif seperti pengaturan tampilan, layer, zoom, dan label. Perhatikan kotak dialog berikut.

Kegunaan Layer Kosmetik

Layer kosmitik digunakan sebagai tempat untuk menyimpan judul peta dan aksesoris peta yang lain selama proses pembuatan layout peta. Perlu diketahui bahwa pembuatan aksesoris peta dapat dilakukan pada layer kosmetik atau pada window layout.

Agar bisa menambah, mengedit atau menghapus objek pada layer kosmetik, hendaknya layer kosmetik dibuat editable melalui kotak dialog layer kontrol. Bila Anda sempat menambahkan objek pada layer kosmetik, untuk menghapus semua objek tersebut, gunakan menu Map ► Clear Cosmetic Layer.

Pilih Discard untuk mengkonfirmasi bahwa akan menghapus dan tidak menyimpan, atau klik Cancel untuk membatalkan. Perlu diingat bahwa layer kosmetik tidak disimpan secara automatis bila keluar dari Window Peta. Layer kosmetik dapat disimpan dengan dua cara. Pertama melalui menu FileSave Workspace, kedua dengan menu MapSaveCosmetic Objecs. Bila menggunakan kedua, dapat menyimpan kosmetik layer pada tabel baru atau pada tabel yang sedang aktif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>