Konversi Knowledge

Jenis Knowledge

Menurut Shelda Debowski (2006, p17 – p18), knowledge dibagi menjadi dua jenis yaitu explicit knowledge dan tacit knowledge, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Explicit Knowledge
    Explicit knowledge
    adalah pengetahuan yang dapat dibagi kepada orang lain, pengetahuan tersebut bisa didokumentasikan, dikategorikan, dijelaskan dan dalam bentuk-bentuk yang bisa di bagikan.
  2. Tacit Knowledge
    Tacit knowledge
    adalah pengetahuan yang bersumber dari akumulasi pengalaman dan pembelajaran dari seseorang yang sulit untuk dibagikan kepada orang lain.

Konversi Knowledge

Pengetahuan diciptakan melalui konversi antara tacit knowledge dan explicit knowledge. Model konversi knowledge menurut Nonaka dan Takeuchi (1995) adalah sebagai berikut (Sangkala, 2007, p84):

  1. Sosialisasi
    Sosialisasi  yaitu  pengubahan  pengetahuan  dari  tacit knowledge ke tacit knowledge. Proses sosialisasi bisa dilakukan  dengan  cara  tatap  muka  untuk  berbagi pengetahuan, fitur-fitur Collaboration (email, diskusi elektronik, komunitas), dan training.
  2. Eksternalisasi
    Eksternalisasi yaitu pengubahan pengetahuan dari tacit knowledge ke explicit knowledge. Proses eksternalisasi bisa dilakukan dengan cara mendokumentasikan notulen rapat, mendatangkan   ahli   untuk   menghasilkan   konsep-konsep, sistem serta prosedur, manual, laporan pelaksanaan uraian pekerjaan dan sebagainya, dan diskusi secara elektronik yang didokumentasikan.
  3. Internalisasi
    Internalisasi yaitu pengubahan pengetahuan dari explicit knowledge ke tacit knowledge. Proses internalisasi bisa dilakukan dengan media intranet, surat edaran, papan pengumuman, internet, pelatihan dan media massa.
  4. Kombinasi
    Kombinasi yaitu pengubahan pengetahuan dari explicit knowledge ke explicit knowledge. Proses kombinasi bisa dilakukan  dengan  cara  intranet  (forum  diskusi),  internet, fitur-fitur Enterprise Portal seperti knowledge organization system, dan bisnis intelegen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>