Java

Java – Object Oriented Programming

Bahasa Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi obyek yang memiliki kemampuan multiplatform, dapat dijalankan sekaligus di berbagai sistem operasi, sesuai dengan motto-nya “write once run everywhere”. Di samping itu, software berbasis Java juga dapat dijalankan di mesin apapun tanpa harus diubah kode programnya.

Pada bahasa pemrograman Java yang menggunakan metode object oriented programming menjanjikan penyederhanaan tugas pemrograman dan sebuah solusi pada masalah inkompatibilitas. Programmer tidak lagi berurusan dengan “pemindahan  target” dari hardware dan inkompatibilitas software system operasi. Sebagai gantinya Java mengajukan sebuah model baru bagi pengembangan software, berdasarkan pada prinsip: “Write Once, Run Anywhere”. Pada sebuah kompiler Java akan mengkompilasi kode program Java menjadi Java Bytecode yang merupakan byte-byte instruksi untuk Java Virtual Machine (JVM). Sehingga aplikasi Java akan dapat berjalan pada mesin dan system operasi yang berbeda-beda selama mesin tersebut memiliki Java Virtual Machine (JVM). Komponen lain yang terdapat pada Java adalah Application Program Interface (API), yang merupakan kumpulan library untuk menjalankan dan mengembangkan program aplikasi Java.

Sun Microsystemtm sebagai pengembang Java, pada perkembangan selanjutnya memperkenalkan Java versi 1.2 atau lebih dikenal dengan nama Java 2 yang terdiri atas JDK(Java Development Kit) dan JRE(Java Runtime Environment) versi 1.2. Aplikasi-aplikasi Java yang compatible dengan Java 2 ini dikenal dengan Java 2 Compliant.

Kategori Java 2

Pada Java 2 ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :

  • Java 2 Standard Edition (J2SE)
    Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada level PC (Personal Computer).
  • Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
    Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkkan aplikasi-aplikasi pada lingkungan enterprise, dengan menambah fungsionalitas-fungsionalitas Java semacam EJB (Enterprise Java Bean), Java COBRA, Java Server Page (JSP), servlet, serta Java XML (Extensible Markup Language).
  • Java 2 Micro Edition (J2ME)
    Kategori ini digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi-aplikasi Java handheld device atau perangkat-perangkat semacam handphone, Palm, PDA, Pocket PC.

”"

Namun sebenarnya saat ini ada satu kategori lain yakni Java card, yang khusus dikembangkan untuk aplikasi pada smart card. Misalnya aplikasi kartu telepon CHIP, kartu VISA, kartu SIM pada handphone dan aplikasi mobile banking BCA yang saat ini sudah umum digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>