Java 2 Micro Edition (J2ME)

J2ME

Java 2 Micro Edition  (J2ME) merupakan salah satu bagian dari teknologi Java, yang dikembangkan untuk memungkinkan aplikasi berbasis teknologi Java dapat berjalan di perangkat-perangkat mobile device yang hanya memiliki memory kecil (misal: handphone, Palm, PDA, PocketPC) dan telah ditanamkan JVM pada device tersebut.

Configuration dan Profile J2ME

Dalam J2ME dibagi menjadi dua bagian yang dikenal dengan istilah configuration dan profile. Dua buah istilah tersebut sangat penting dalam pengembangan sebuah aplikasi wireless dengan teknologi Java.

  • J2ME Configuration

    J2ME Configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Karena setip handheld device memiliki fitur yang berbeda-beda, J2ME Configuration ini dirancang, yakni menyediakan libary standar yang mengimplementsikan fitur standar dari sebuah handheld device. Lingkungan kerja yang dimaksud meliputi Java Virtual Machine (JVM) yang digunakan untuk menjalankan program aplikasi Java. Untuk JVM pada J2ME berbeda dengan JVM yang dipakai pada J2SE, karena hanya fitur-fitur penting yang berkaitan dengan perangkat handheld device saja yang diimplementasikan.
    Ada dua kategori J2ME Configuration, yaitu :

    1. CDC (Connected Devide Configuration)
      Kategori ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada perangkat-perangkat handheld device dengan ukuran memory sekitar 2 Megabytes. Contohnya adalah Internet TV, Nokia Communicator, dan car television.
    2. CLDC (Connected Limited Device Configuration)
      Kategori ini umunya digunakan untuk aplikasi Java pada handphone semacam Nokia, Samsung Java Phone, Motorola i85s, PDA, Palm, atau PocketPC. Umumnya perangkat-perangkat tersebut hanya memiliki memory berukuran 128-512 KiloBytes.
    CLD CLDC
    JVM yang digunakan dikenal dengan nama CVM JVM yang digunakan dikenal dengan nama KVM
    Digunakan pada perangkat handheld dengan ukuran memory minimal

    2 Mbytes

    Digunakan pada perangkat handheld dengan ukuran memory terbatas

    (128-512 Kbytes)

    Processor : 32 bit Processor : 16 atau 32 bit
    Implementasi seluruh fitur J2SE Implementasi subset J2SE
  • J2ME Profile
    Jika J2ME Configuration menyediakan library-library Java untuk implementasi fitur-fitur standar dari sebuah handheld device, J2ME Profile menyediakan implementasi-implementasi tambahan yang sangat spesifik dari sebuah handheld device. Sebagai analogi sebuah handphone dengan merek tertentu memiliki kemampuan untuk mengirim SMS kesuatu nomor tertentu, karena itu merupakan kemampuan standar dari sebuah handphone.Namun masing-masing handphone tersebut tentu memiliki fitur-fitur yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, seperti misal ada handphone yang dilengkapi dengan kamera, atau ada handphone yang  mampu memutar file MP3. Kemampuan standar itulah yang diimplemntasikan oleh J2ME Configuration, sedangkan kemampuan/fitur lain yang dimiliki oleh setiap handheld diimplementasikan oleh J2ME Profile. Untuk implementasi Java pada wireless phone, J2ME Profile yang akan digunakan yaitu Mobile Information Device Profile (MIDP) atau yang biasa disebut MIDLet yang berkerja pada CLDC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>