HTML

HTML

HTML adalah bahasa markup yang berisikan sekumpulan markup tag untuk mendeskripsikan halaman – halaman web (W3Schools, n.d.). Markup tag tersebut digunakan oleh web browser untuk menterjemahkan satu halaman web yang diambil dari satu web server. HTML telah diterima sebagai satu bahasa markup standar secara luas dan disimpan dalam format ASCII yang kompatibel di semua sistem operasi.

Markup Tag

Markup tag merupakan kata kunci dari HTML yang dituliskan di dalam tanda ”<” dan ”>” secara berpasangan. Markup tag ini pada umumnya bekerja berpasangan di awal dan akhir teks yang diinginkan untuk diinterpretasi. Contoh dari markup tag ini adalah <b> dan </b> yang digunakan berpasangan mengapit kata, kalimat atau paragraf yang diinginkan untuk diterjemahkan sebagai kata, kalimat atau paragraf dengan huruf tebal pada satu halaman web. Berikut ini adalah contoh pemakaian dari markup tag pada satu halaman web:

<html>
<body>
<h1>My First Heading</h1>

<p>My first paragraph.</p>

</body>
</html>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>