Clustering

Clustering

Pengelompokan (clustering) merupakan teknik yang sudah cukup dikenal dan banyak digunakan untuk mengelompokkan data/objek ke dalam kelompok data (cluster) sehingga setiap cluster memiliki data yang mirip dan berbeda dengan data yang berada dalam cluster lain. Jika diberikan himpunan data yang berjumlah terhingga, yaitu X, maka permasalahan clustering dalam X adalah mencari beberapa pusat cluster yang dapat memberikan ciri kepada masing-masing cluster dalam X.

Contoh Proses Clustering

Gambar di bawah ini menunjukkan contoh sederhana dari proses clustering, dimana 3 cluster di dalam data dapat teridentifikasi dengan mudah.

Kriteria kemiripan yang digunakan dalam kasus ini adalah jarak (dalam kasus ini jarak geometris). Proses ini disebut distance-based clustering. Cara lain untuk melakukan clustering adalah conceptual clustering. Dalam conceptual clustering, objek dikelompokkan berdasarkan kecocokannya menurut konsep deskriptif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>