Borland Delphi

Delphi

Delphi adalah sebuah aplikasi pengembangan visual produksi Borland dan sekarang telah berganti nama menjadi Codegear Delphi setelah divisi software Borland di akuisisi oleh Codegear pada pertengahan tahun 2004. Sebagai aplikasi pengembagan visual, Delphi memakai notasi sintaksis sekunder berupa Object Pascal, dimana object pascal ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal yang merupakan bahasa pemrograman yang bersifat prosedural.

Dengan penggunaan pascal sebagai programming language atau notasi sekunder, membuat Borland Delphi lebih mudah dipelajari untuk programmer yang telah terbiasa memakai bahasa pascal atau programmer yang awam sekalipun dengan bantuan dan petunjuk dari fitur help (dokumentasi) nya yang terintegrasi dan mudah di akses. IDE Delphi pun lebih mudah digunakan dan memungkinkan adaptasi yang lebih cepat secara visual karena di lengkapi dengan penggunaan alat bantu visual berupa tombol-tombol dan icon yang mudah di akses dan di ingat.
Saat ini Borland Delphi telah mengalami beberapa perubahan versi, yang terakhir adalah Codegear Delphi 2009 yang mendukung teknologi .Net 3.5 dari Microsoft dan komponen-komponen grafis yang mendukung trend antarmuka pengguna (user interface). Pada courseware ini digunakan Borland Delphi versi 7 yang cukup lengkap dan masih cukup banyak pemakaiannya di industri-industri pengembang aplikasi perangkat lunak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>