Berkenalan Dengan C++

// C1_1.CPP

#include <iostream.h>    // Header file untuk oparasi I/O pada C++

#include <stdio.h>       /* Header file untuk operasi I/O pada C,

misalnya fungsi printf() */

main () {

char nama[30];

cout << “Sebut nama anda : “;

cin >> nama;

cout << “nHallo “ << nama <<”, bahasa C++ adalah supersetn”;

cout << “dari bahasa C, artinya seluruh bahasa Cn”

cout << “adalah bagian dari bahasa C++. Jadi. anda masih dapatn”;

cout << “memakai sembarang perintah standart bahasa C, misalnyan”;

cout << “printf() dalam C++.nn”;

printf(‘Selamat belajar C lewat. C++ %s !”, nama) ;

return 0;

}

Dari program di atas yang perlu dijelaskan adalah:

  • Komentar dibaca mulai tanda // sampai akhir dari baris. Jika komentar lebih dari satu baris, tiap baris dapat dimulai dengan // , atau memakai fasilitas komentar dari bahasa C yaitu komentar dimulai dengan /* dan diakhiri dengan “/.
  • Program dengan C++ selalu dimulai dengan main() { dan diakhiri dengan }. Semua yang ada diantara kurung ( dan kurung ) berada dalam satu blok. Pada program di atas hanya ada satu blok karena hanya ada satu pasang kurung { dan kurung }. main() adalah fungsi yang pertama kali dieksekusi.
  • C++ adalah case sensitive, artinya huruf kecil dan huruf besar tidak ekivalen, perjanjian yang umum dipakai adalah instruksi dan variable ditulis dengan huruf kecil, sedang konstanta dan instruksi makro ditulis dengan huruf besar.
  • #include adalah preprocessor directives, semua preprocessor directive mulai dengan #. Preprocessor directive bukan perintah ke C++ namun perintah ke preprocessornya C++ untuk mengubah program sementara pada saat dikompile. Preprosessor directive ini akan dijelaskan tersendiri.
  • Semua penyataan yang dapat dieksekusi dalam C++ berarkhir dengan tanda ; sebagai tanda akhir dari pernyataan- pernyataan tersebut. Perhatikan bahwa baris dimana fungsi main(), tanda kurung { dan tanda kurung } tidak diakhiri dengan tanda ; karena baris-baris ini merupakan awal dan akhir dari suatu fungsi dan tidak dapat dieksekusi. Demikian juga untuk preprocessor directive, karena bukan perintah untuk C++ maka tidak perlu diakhiri dengan tanda ;.
  • nama[30] adalah character array yang pada program ini dipakai untuk menampung suatu input string, yaitu nama dari user. Character array dan string dalam C++ akan dijelaskan tersendiri.
  • n dalam cout adalah escape sequence character yang dipakai untuk melompat ke baris berikutnya. Escape sequence character ditandai dengan dan akan dijelaskan tersendiri.
  • Pada C++, fasilitas untuk melakukan input dan output dikenal sebagai stream. Pada contoh program di atas cout adalah standard output stream sedangkan cin adalah standard input stream. Format dari cout adalah :
  • Cout << data [ << data];
    Operator << pada cout adalah insertion operator yang dipakai untuk mengarahkan argumennya ke standard output device. Standard output device ini biasanya defaultnya adalah layar, kecuali anda mengarahkannya ke device yang lain misalnya printer. Tanda [ ] dengan argumen didalamnya menyatakan bahwa jumlah argumen pada cout dapat variabel. Cout juga dapat mengenali dan menampilkan tipe data yang berbeda.
    Format dari cin adalah:
  • cin [>> values];
    cin
    membaca input dari standard input device yang defaultnya adalah keyboard, kecuali anda mengarahkannya ke device yang lain misalnya modem. Perlu diperhatikan bahwa cin dan cout sebenarnya bukan merupakan bagian dari C++,  cin dan cout ini didefinisikan dalam stream library jadi anda harus menyisipkan  iostream.h agar dapat memakainya. Demikian juga dengan printf() yang bukan bagian dari C, fungsi ini didefinisikan dalam run-time library stdio.h. C++ mengasosiasikan sekumpulan manipulator dengan output streamnya.

Misal kita ingin mengubah default format dari argumen bilangan bulat, kita tinggal menyisipkan manipulator kedalam stream untuk melakukan perubahan format ini. Pada contoh program dibawah ini disisipkan manipulator dec, oct dan hex ke output stream.

// C2_1.CPP

#include <iostream.h>

main() {

int jumlah=456;

cout << dec << jumlah << ‘ ‘

<< oct << jumlah << ‘ ‘

<< hex << jumlah;

return 0;

}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>